Studi Kelayakan Sistem Grounding Pada Instalasi Listrik Gedung Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar –Raniry Banda Aceh

Mafdal Mahmud, 180211079 (2022) Studi Kelayakan Sistem Grounding Pada Instalasi Listrik Gedung Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar –Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Studi Kelayakan Sistem Grounding Pada Instalasi Listrik Gedung Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar –Raniry Banda Aceh] Text (Studi Kelayakan Sistem Grounding Pada Instalasi Listrik Gedung Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Ar –Raniry Banda Aceh)
Mafdal Mahmud, 180211079, FTK, PTE, 082274960586.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pembumian (grounding) listrik adalah suatu sistem instalasi yang bisa meniadakan beda potensial sebagai pelepasan muatan listrik berlebih pada suatu instalasi listrik dengan cara mengalirkannya ke tanah. Dalam sebuah gedung terdapat alat-alat yang menggunakan energi listrik agar dapat beroperasi. Penggunaan tenaga listrik dilihat dari kapasitas, spesifikasi, dan kebutuhan peralatan elektronik. Ketika peralatan tidak bekerja secara normal, hal ini disebabkan oleh adanya aliran listrik yang tidak sesuai. Gedung Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Univeristas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh yang dibangun setelah tsunami Aceh pada tahun 2004 dan direnovasi pada tahun 2014, gedung FTK UIN Ar-Raniry belum pernah ditinjau kembali bagaimana keadaan sistem pembumiannya, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan sistem grounding di kedua gedung tersebut dengan menggunakan metode kuantitatif. Instrumen penelitian ini melihat dari struktur tanah, keadaan tanah, keadaan lingkungan, lokasi, sistem pentanahan dan mengukur tahanan tanah sebanyak 3 kali untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Hasil pengukuran dengan mengukur menggunakan alat Earth tester, gedung yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry memperoleh hasil lebih dari 5 Ω. Gedung A memperoleh nilai 6,94 Ω dan gedung B memperoleh nilai tahanan tanah sebesar 9,12 Ω, nilai ini tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam PUIL 2000 (5 Ω) dan di kategorikan “kurang layak” untuk sebuah sistem grounding. Saran dari penelitian ini untuk memperoleh nilai yang rendah dan sesuai ketentuan sebuah sistem pembumian maka elektroda sebaiknya digunakan lebih dari satu batang agar mendapatkan nilai tahanan yang rendah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Grounding, PUIL 2000
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Mafdal mahmud Mafdal
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:12
Last Modified: 12 Oct 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23620

Actions (login required)

View Item
View Item