Analisis Pelaksanaan Sistem Retribusi Parkir Progresif Dalam Perspektif Akad Ijarah ((Studi Kasus di Suzuya Mall Banda Aceh)

Raisa Maisura, 180102168 (2022) Analisis Pelaksanaan Sistem Retribusi Parkir Progresif Dalam Perspektif Akad Ijarah ((Studi Kasus di Suzuya Mall Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Akad Ijarah] Text (Akad Ijarah)
Raisa Maisura, 180102168, FHS, HES, 085372660936.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Retribusi merupakan pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi. Terdapat masalah dalam retribusi parkir yang dialami oleh pengunjung diantaranya seperti tidak sesuainya tarif parkir, lahan parkir, keamanan parkir serta pelayanan parkir. Di area parkir Suzuya Mall Banda Aceh memberlakukan sistem retribusi parkir progresif dengan tujuan untuk mengendalikan jumlah kendaraan yang terparkir sehingga pergantian parkir terjadi dalam rentang waktu yang singkat. Retribusi parkir khusus di Suzuya Mall Banda Aceh digolongkan sebagai retribusi jasa usaha yang ditentukan oleh Pemda. Berdasarkan dari latar belakang yang penulis paparkan, maka permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan sistem retribusi parkir progresif di Suzuya Mall Banda Aceh, bagaimanakah ketentuan Qanun Kota Banda Aceh No 3 Tahun 2021 tentang retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum dan tempat khusus parkir dan bagaimana sistem retribusi parkir progresif dalam perspektif akad ijarah di Suzuya Mall Banda Aceh. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan sistem retribusi parkir progresif seperti ini diperbolehkan atau tidak dalam agama Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu metode yang digunakan terhadap suatu data yang terhimpun baik data dari lapangan maupun dari pustaka, kemudian bergerak ke arah pembentukan kesimpulan dengan metode deduktif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dan penelitian pustaka. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dokumen, populasi dan sampel. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penerapan sistem retribusi parkir progresif ditentukan oleh petugas parkir Suzuya Mall Banda Aceh, setelah ditinjau lebih lanjut akad yang terjadi antara pengguna jasa parkir dan penyedia jasa parkir termasuk kedalam akad ijarah. Akad ijarah diperbolehkan dalam masalah retribusi parkir progresif karena adanya biaya operasional yang harus ditanggung oleh pihak perusahaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Raisa Maisura Raisa
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:31
Last Modified: 12 Oct 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23630

Actions (login required)

View Item
View Item