Ta'tsiru madkhal adz-dzaka'il 'aathafii litarqiyyati syajaa'ah ath-thalabah fii ta'allum al-lughah al-'arabiyah bi MTSN 3 Banda Aceh

Zairina Aula, 170202110 (2022) Ta'tsiru madkhal adz-dzaka'il 'aathafii litarqiyyati syajaa'ah ath-thalabah fii ta'allum al-lughah al-'arabiyah bi MTSN 3 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Ta'tsiru madkhal adz-dzaka'il 'aathafii litarqiyyati syajaa'ah ath-thalabah fii ta'allum al-lughah al-'arabiyah bi MTSN 3 Banda Aceh] Text (Ta'tsiru madkhal adz-dzaka'il 'aathafii litarqiyyati syajaa'ah ath-thalabah fii ta'allum al-lughah al-'arabiyah bi MTSN 3 Banda Aceh)
Zairina Aula, 170202110, FTK, PBA, 085370304730.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dalam belajar, bukan hanya membutukan kecerdasan intelektual akan tetapi kecaerdasan emosional juga ikut berperan penting, oleh karena itu, tidak mungkin kecerdasan intelektual bekerja tanpa kecerdasan emosional. Pentingnya kecerdasan emosional itu dapat memudahkan guru dalam memahamkan siswa dan menjadikan pembelajaran itu melekat di pikiran siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan kecerdasan emosional terhadap sikap dan keberanian siswa dalam belajar bahasa arab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one shot case study. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi MTsN 3 Banda Aceh yang berjumlah
283. Dan adapun sampelnya berjumlah 36 siswa-siswi kelas IX. Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa pengaruh pendekatan kecerdasan emosional terhadap sikap siswa dalam belajar sangat bagus, begitu juga kegiatan guru dengan pendekatan tersebut sangat bagus, yang hasilnya mencapai 97,5% untuk lembar sikap siswa dan 97.5% untuk lembar observasi kegiatan. Dan adapun hasil kedua bahwa pendekatan kecerdasan emosional mempengaruhi keberanian siswa selama proses belajar bahasa arab dalam berbagai hal, yaitu berani bertanya kepada guru, memberikan pendapat, menjawab soal dari guru, maju ke depan kelas untuk menjawab soal yang ada di papan tulis, mencari bahan materi yang akan dipelajari, mengajak teman untuk belajar kelompok, semangat siswa membeli buku yang berkaitan dengan materi, dan mengerjakan semua tugas yang diberikan
guru walaupun soal tersebut susah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Zairina Aula Zairina
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:46
Last Modified: 12 Oct 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23634

Actions (login required)

View Item
View Item