Penerapan Media Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan

Risa Latul, 180207066 (2022) Penerapan Media Komik Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Problem Based Learning] Text (Problem Based Learning)
Risa Latul, 180207066, FTK, PBL, 085362463550.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran dapat menentukan tinggi rendahnya minat dan hasil belajar siswa, terutama dalam pembelajaran biologi materi Pencemaran Lingkungan. Siswa kurang efektif dalam proses belajar mengajar, karena siswa bosan dan sulit memahami materi pelajaran dengan menggunakan media buku paket saja. Oleh karena itu, jika media komik dipakai dalam proses pembelajaran maka akan membawa suasana yang menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat dan hasil belajar siswa menggunakan media komik berbasis PBL (Problem Based Learning). Rancangan penelitian ini menggunakan desain true eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII IPA dan sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 45 orang. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat belajar dan tes. Hasil analisis minat belajar siswa diketahui bahwa terjadi peningkatan minat belajar dikelas eksperimen dengan nilai rata-rata selisih 20 dikategorikan sangat tinggi. Analisis hasil belajar siswa juga terjadi peningkatan dikelas eksperimen dengan nilai rata-rata N-Gain selisih 23 dikategorikan sedang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media komik berbasis PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, terutama pada materi Pencemaran Lingkungan pada kelas VII IPA di SMP Negeri 8 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Risa Latul Risa
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:45
Last Modified: 12 Oct 2022 02:45
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23644

Actions (login required)

View Item
View Item