Masjid Tua Ayah Gadeng Di Manggeng Abdya (Kajian Arkeologi Dan Historis)

Dasniar, 160501027 (2020) Masjid Tua Ayah Gadeng Di Manggeng Abdya (Kajian Arkeologi Dan Historis). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Masjid Tua Ayah Gadeng Di Manggeng Abdya (Kajian Arkeologi Dan Historis)] Text (Masjid Tua Ayah Gadeng Di Manggeng Abdya (Kajian Arkeologi Dan Historis))
Dasniar, 160501027, FAH, SKI, 085337322608.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Masjid merupakan salah satu peninggalan Arkeologi pada masa Islam di antara peninggalan-peninggalan arkeologi yang lain. Salah satu peninggalan arkeologi Islam yang dapat dijumpai di kecamatan Manggeng Kampung Tengah Kabupaten Aceh Barat Daya adalah masjid Tua Ayah Gadeng. Masjid Tua Ayah Gadeng merupakan salah satu warisan budaya yang berwujud kebendaan yang memiliki nilai Khazanah keilmuan. Masjid Tua Ayah Gadeng memiliki arsitektur yang masih menunjukkan ciri khas yang unik dari masjid tersebut berupa bentuk kubbahnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejarah dan arsitektur Masjid Tua Gadeng di Manggeng Kabupaten Aceh Barat Daya dan eksisten Masjid Tua Gadeng tersebut. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis metode yang bersifat deskriptif analisis, yaitu memberi gambaran dan analisa data arkeologi dalam kerangka bentuk, ruang dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Masjid Ayah Gadeng didirikan oleh seorang ulama di Kecamatan Manggeng Aceh Barat Daya pada abad ke-19 M yaitu Ayah Gadeng. Ayah Gadeng membangun masjid tersebut dikarenakan keterbatasan masjid di wilayah Manggeng Aceh Barat Daya. Bentuk yang ada pada arsitektur tradisional Masjid Tua Ayah Gadeng dinamakan dengan sistem “Roek”. Sistem roek merupakan salah satu tehnik penyambung antara satu pasak dengan pasak yang lainnya. Ornament-ornamen yang terdapat pada Masjid Ayah Gadeng berupa tulisan khaligrafi, khat Thuluts.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Dasniar Dasniar
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:39
Last Modified: 13 Oct 2022 03:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23665

Actions (login required)

View Item
View Item