Pengukuran Literasi Media Baru Mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry Berbasis Individual Competence Framework

Duwi Zahara, 190503330 (2022) Pengukuran Literasi Media Baru Mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry Berbasis Individual Competence Framework. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengukuran Literasi Media Baru Mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry Berbasis Individual Competence Framework] Text (Pengukuran Literasi Media Baru Mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry Berbasis Individual Competence Framework)
Duwi Zahara, 190503330, FAH, IP, 082311581978.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat. Dimana informasi bisa didapatkan dimana dan kapan saja. Dalam hal ini setiap individu harus memiliki keterampilan dalam menggunakan media dan mampu mengakses, menganalisis, mengevaluasi, mencari sumber informasi serta dapat memproduksi informasi di media. Keterampilan ini disebut dengan literasi media baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat literasi media baru mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpalan data menggunakan angket yang disebarkan melalui google form. Adapun sampel dalam penelitan ini berjumlah 81 mahasiswa KPI yang diambil dari 434 populasi dengan menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat literasi media baru mahasiswa Prodi KPI UIN Ar-Raniry pada indikator use skill berada pada level advanced (sangat baik) dengan nilai rata-rata 289. Sementara tingkat literasi media baru mahasiswa pada indikator critical understanding dan communicative abilities berada pada level medium (baik) dengan nilai rata-rata 258 dan 239.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Duwi Zahara Duwi
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:41
Last Modified: 13 Oct 2022 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23675

Actions (login required)

View Item
View Item