Upaya Pemda Aceh Tengah Menanggulangi Pencemaran Danau Laut Tawar Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Maqasid Al-Syari’ah (Studi Implementasi Perbup No. 39 Tahun 2001 tentang Garis Sempadan dan Pemanfaatan Daerah Pengawasan Tepi Danau Laut Tawa

Ahmad Zetrianda, 180102002 (2022) Upaya Pemda Aceh Tengah Menanggulangi Pencemaran Danau Laut Tawar Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Maqasid Al-Syari’ah (Studi Implementasi Perbup No. 39 Tahun 2001 tentang Garis Sempadan dan Pemanfaatan Daerah Pengawasan Tepi Danau Laut Tawa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Upaya Pemda Aceh Tengah Menanggulangi Pencemaran Danau Laut Tawar Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Maqasid Al-Syari’ah (Studi Implementasi Perbup No. 39 Tahun 2001 tentang Garis Sempadan dan Pemanfaatan Daerah Pengawasan Tepi Danau Laut Tawa] Text (Upaya Pemda Aceh Tengah Menanggulangi Pencemaran Danau Laut Tawar Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Menurut Maqasid Al-Syari’ah (Studi Implementasi Perbup No. 39 Tahun 2001 tentang Garis Sempadan dan Pemanfaatan Daerah Pengawasan Tepi Danau Laut Tawa)
Ahmad Zetrianda, 180102002, FSH, HES, 082326309908.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Upaya pemda dalam menaggulangi pencemaran yang berada di kawasan Danau Laut Tawar sudah sangat baik dalam hal penerapannya, pengendalian pencemaran setiap tahun meningkat dan berjalan sangat lancar. Kapasitas pengolahan yang semakin hari membaik, kapasitas kelembagaan, partisipasi masyarakat dan ketersediaan data dan informasi dalam pengelolaan lingkungan kawasan Danau Laut Tawar. Pencemaran dan kerusakan yang di sebabkan oleh banyak faktor yang membuat nya semakin menimbulkan hal negatif yang tidak mudah untuk dipulihkan. Maka proteksi lingkungan dimana UU lingkungan sangat berperan penting dalam memecahkan masalah untuk menyelesaikan permasalahan limbah sampah yang ada di kawasan Danau Laut Tawar. Dalam hal ini DLHKP Aceh Tengah sangat berperan penting dalam menyelesaikan permasalahan yang berada di kawasan Danau Laut Tawar. Dalam hal ini penulis menerapkan hukum islam dalam proteksi lingkungan, permasalahan dalam skripsi ini adalah : (1)Bagaimana efektifitas pemberlakuan perbup No. 39 Tahun 2001 dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Aceh Tengah? (2)Bagaimana strategi yang dilakukan oleh DLHKP Aceh Tengah untuk mencegah kerusakan ekosistem dari limbah sampah dan pengurangan debit air di kawasan danau laut tawar Menjadi Sumber Penghasilan Bagi Masyarakat ? (3)Bagaimana perspektif maqasid al-syariah terhadap Peranan Objek Wisata Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat ?. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan analisis deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi, dan kosiuner. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan melihat kembali hasil wawancara yang telah dikumpulkan, lalu melakukan pengolahan data melalui proses penyuntingan. Penulis menyimpulkan bahwa proteksi lingkungan dalam perspektif Maqasid Syari’ah belum sepenuhnya sesuai dengan Hifdzul Bi’ah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Zetrianda
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:47
Last Modified: 13 Oct 2022 03:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23690

Actions (login required)

View Item
View Item