Teologi Aceh Refleksi Sosial, Agama, dan Politik Kontemporer

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Teologi Aceh Refleksi Sosial, Agama, dan Politik Kontemporer. Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry dan Bandar Publihing, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review buku Teologi Aceh Refleksi Sosial, Agama, dan Politik Kontemporer] Text (Peer Review buku Teologi Aceh Refleksi Sosial, Agama, dan Politik Kontemporer)
Buku; Teologi Aceh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (397kB)

Abstract

Aceh adalah negeri unik, keunikan ini terjadi dalam setiap dimensinya, baik dalam dimensi sejarah, adat budaya, politik dan prilaku keagamaan. Dalam dimensi historisnya Aceh telah mencatat tinta emas pernah menjadi sebuah kerajaan terbesar kelima di dunia. Sehingga secara peradaban politik dan kebudayaan Aceh telah mencapai puncak kejayaan pada masa Sultan Iskandar Muda. Aceh juga memiliki keunikan dalam adat budaya yang mendeskripsikan hubungan harmoni dengan agama. Hampir tidak ditemukan praktek adat dan budaya di Aceh tidak bermuatan nilai-nilai keagamaan. Sehingga adat adalah
mempresentasikan agama. Dari sinilah kemudian muncul ungkapan bahwa “adat ngon hukom lagee zat ngon sifeut” bahwa adat dan ajaran Islam yang berjalan di Aceh menyatu bagaikan Zat dan Sifat Allah Swt. Tradisi dalail khairat, zikir maulod, meurukon, meusifeut dalah beberapa presentasi tradisi yang begitu kuat edukasi keagamaan. Karena begitu
kentalnya nilai agama dalam praktik adat sehingga di Aceh hukum adat itu dipandang sebagai pranata yang legal dalam penyelesaian konflik yang terjadi dalam masyarakat. Tulisan yang ada dalam buku ini dapat dimaknai sebagai respon intelektual dalam meneropong beberapa fenomena yang terjadi di Aceh dan juga nusantara. Tulisan dalam buku ini memang rangkaian tulisan lepas yang kemudian ditematisasikan dalam beberapa tema yang dianggap mempunyai spirit dan pesan seirama. Namun secara keseluruhan tulisan ini umumnya adalah sebuah refeksi teologis tergadap secuil fenomena politik, budaya dan keagamaan di Aceh.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:09
Last Modified: 20 Oct 2022 08:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23699

Actions (login required)

View Item
View Item