Efektivitas Celebrity Endorsement sebagai Media Iklan pada Sosial Media Instagram (Studi pada Mahasiswa Kpi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Ar-Raniry)

Ervina, 411307105 (2018) Efektivitas Celebrity Endorsement sebagai Media Iklan pada Sosial Media Instagram (Studi pada Mahasiswa Kpi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Ar-Raniry). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Iklan)
PDF Lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Efektivitas Celebrity Endorsement sebagai Media Iklan pada Sosial Media Instagram; Studi pada Mahasiswa KPI Fakultas Dakwah UIN ArRaniry. Sosial media instagram merupakan salah satu alat promosi bisnis yang dianggap efektif karena dapat diakses oleh siapa saja dan merupakan jaringan sosial yang paling populer digunakan untuk mengirim foto, pengguna meng-upload foto digital, menerapkan filter untuk mengedit penampilan dan termasuk dimanfaatkan oleh kalangan selebriti atau Celebrity Endorsement. Belanja online melalui sosial media instagram sangat digemari di kalangan mahasiswa diantaranya mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi jurusan Komunikasi Penyiaran Islam angkatan 2014. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif celebrity endorsement sebagai media iklan pada sosial media instagram terhadap Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dan faktor eksternal dan internal terhadap keputusan pembelian di sosial media instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan deskriptif, dengan tehnik pengambilan sampel purposif (purposive sample) data dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul disajikan dalam bentuk naratif dokumentasi, membuat rangkuman temuan penelitian secara sistematis sekaligus menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa celebrity endorsement sudah memberi efek terhadap minat dan kecenderungan mahasiswa untuk membeli online di sosial media instagram . pembelian barang ternyata tidak saja dipengaruhi oleh selebriti. Namun, sangat didominasi karena kebutuhan, walaupun penggunaan selebriti sudah diangap baik dan efektif. Sementara faktor eksternal dan internal mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN Ar-Raniry Angkatan 2014 terhadap keputusan pembelian di sosial media instagram yaitu karena tampilan iklan produk instagram, tokoh atau figur selebritis pada akun instagram, pengaruh lingkungan atau ikut-ikutan, kualitas barang. Sementara faktor internal yaitu dipengaruhi oleh pribadi diri sendiri, faktor psikologis dan karena faktor kebutuhan dan daya tarik. Oleh karena itu, penggunaan sosial media instagram itu tidak saja untuk melihat produkproduk dan merk, namun sebaiknya dapat dimanfaatkan juga sebagai media bagi diri sendiri untuk mengiklankan hal-hal yang positif lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Drs.Yusri, M.LIS 2.Asmaunizar, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Iklan, Celebrity Endorsement, Instagram.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ervina Fakhruddin
Date Deposited: 29 Jan 2018 09:01
Last Modified: 29 Jan 2018 09:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2371

Actions (login required)

View Item View Item
TOP