Quo Vadis Pengembangan Keilmuan UIN: Sekularisasi atau Quranisasi Ilmu Pengetahuan

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Quo Vadis Pengembangan Keilmuan UIN: Sekularisasi atau Quranisasi Ilmu Pengetahuan. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review jurnal dengan judul Quo Vadis Pengembangan Keilmuan UIN: Sekularisasi atau Quranisasi Ilmu Pengetahuan] Text (Peer Review jurnal dengan judul Quo Vadis Pengembangan Keilmuan UIN: Sekularisasi atau Quranisasi Ilmu Pengetahuan)
Jurnal Nasional belum Terakreditasi__Quo Vadis Pengembangan Keilmuan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)

Abstract

Transformasi status Institut Agama Islam Negeri menjadi Universitas Islam Negeri memunculkan pro dan kontra di kalangan intelektual. Intelektual yang pro dengan optimis memandang perubahan ini sebagai peluang islamisasi ilmu pengetahuan. Sedangkan kalangan yang kontra menilainya sebagai bagian dari upaya sekularisasi ilmu- ilmu keislaman. Berangkat dari pertentangan pendapat di atas maka makalah ini ingin mencermati ke mana arah pengembangan keilmuan UIN ini hendak dibawa? Apakah ia akan mengarah kepada sekularisasi ilmu pengetahuan atau sebaliknya akan terjadi qur‟anisasi ilmu pengetahuan? Untuk menjawab permasalahan di atas maka tulisan ini menarwarkan sekaligus memformulasikan rekayasa blue print pengembangan keilmuan UIN yang berbasis qur‟ani. Perancangan ini diformulasikan dalam tiga tahapan utama; meletakkan landasan keilmuan berbasis tauhid, memformulasikan kurikulum yang mengintergrasikan ilmu-ilmu keislaman dengan ilmu-ilmu umum, dan merevitalisasikan nilai-nilai praktis dalam pengembangan ilmu-ilmu keislaman. Rekayasa blueprint ini diharapkan menjadi formula penguatan sains Islam ke depan dengan landasan tauhid yang benar sekaligus memiliki responsibilitas dalam menjawab tantangan masa depan.

Item Type: Other
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:12
Last Modified: 20 Oct 2022 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23716

Actions (login required)

View Item
View Item