Napak Tilas Warisan Sufi Persia di Nusantara

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Napak Tilas Warisan Sufi Persia di Nusantara. Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry dan Bandar Publihing, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review jurnal dengan judul Napak Tilas Warisan Sufi Persia di Nusantara] Text (Peer Review jurnal dengan judul Napak Tilas Warisan Sufi Persia di Nusantara)
Jurnal Nasional belum Terakreditasi_Napak Tilas Warisan Sufi.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (418kB)

Abstract

Tidak ada yang menyangkal bahwa Persia dengan segenap keunikan budaya dan intelektualismenya menjadi pusat sejarah peradaban manusia yang gemilang. Pengaruhnya meluas ke segenap wilayah Islam di dunia tidak terkecuali ke Nusantara. Salah satu pengaruh Persia yang sangat menonjol dalam mewarnai Islam nusantara adalah dari segi gagasan- gagasan kesufian. Salah satu corak kesufian nusantara yang sangat khas Persia adalah konsep wahdat al-wujud, ittihat dan hulul. Ketiga konsep ini mengemukakan tentang penyatuan
antara Khalik dengan makhluk yang diduga mempunyai kaitan dengan keyakinan Zoroasterian yang dianut masyarakat Persia pra Islam. Sekali lagi peradaban Islam yang berkembang di Nusantara adalah kombinasi antara ajaran keislaman yang bersinergi dengan semangat spiritualisme Persia. Perpaduan ini telah memunculkan corak keislaman yang unik sekaligus memanggungkan sebuah dinamika pemikiran sufi yang kontroversial di di Nusantara. Artikel ini ingin mengungkapkan realitas sejarah tentang pengaruh spiritualitas Persia terhadap corak pemikiran keislaman di Nusantara.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:12
Last Modified: 20 Oct 2022 08:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23719

Actions (login required)

View Item
View Item