Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Darul Imarah

Nurayyan, 180208067 (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Darul Imarah] Text (Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Animasi Pada Materi Koloid Di SMA Negeri 1 Darul Imarah)
Nurayyan, 180208067, FTK, PKM, 08116831125.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi koloid di SMA Negeri 1 Darul Imarah dilatar belakangi dari proses pembelajaran yang selama ini hanya menggunakan buku cetak, sehingga kurangnya minat belajar dan daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran kimia. Penelitian ini mengangkat rumusan masalah bagaimana pengembangan media pembelajaran video animasi pada materi koloid di SMA Negeri 1 Darul Imarah dan bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi pada materi koloid di SMA Negeri 1 Darul Imarah. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) dengan prosedur tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket, wawancara terhadap peserta didik dan observasi. Sampel penelitian yaitu peserta didik SMA Negeri 1 Darul Imarah dan yang dijadikan sampel adalah 25 orang peserta didik kelas XI IPA 2. Proses pengembangan video animasi berbasis animaker beracuan pada hasil analysis yang dilakukan dengan observasi dan wawancara terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah. Berdasarkan hasil analisis video animasi di design semenarik mungkin agar peserta didik tertarik terhadap pembelajaran kimia materi koloid, selanjutnya pada tahap development dan dilakukan validasi oleh tiga validator ahli terhadap video animasi berbasis animaker memperoleh nilai rata-rata 91,73% dengan interpretasi “sangat layak”, dan implementation pada peserta didik kelas XI IPA 2 menghasilkan persentase respon angket yaitu 100% dengan kriteria “sangat menarik”. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan hasil validasi layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase 91,73% dan hasil angket respon peserta didik video animasi dikategorikan sangat menarik dengan persentase 100%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Darul Imarah layak digunakan, dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran video animasi dengan kategori sangat menarik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Nurayyan Nurayyan
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:38
Last Modified: 14 Oct 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23728

Actions (login required)

View Item
View Item