Pengembangan Buku Kimia Berbasis Fun Chemistry Untuk Guru Kimia Di MA/SMA Banda Aceh - Aceh Besar

Jihan Zia ‘Ufairah, 180208081 (2022) Pengembangan Buku Kimia Berbasis Fun Chemistry Untuk Guru Kimia Di MA/SMA Banda Aceh - Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Buku Kimia Berbasis Fun Chemistry Untuk Guru Kimia Di MA/SMA Banda Aceh - Aceh Besar] Text (Pengembangan Buku Kimia Berbasis Fun Chemistry Untuk Guru Kimia Di MA/SMA Banda Aceh - Aceh Besar)
Jihan Zia 'Ufairah, 180208081, FTK, PKM, 085262840288.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MA/SMA Banda Aceh-Aceh Besar yang dilatarbelakangi oleh masih sedikitnya lembar kerja praktikum yang benar-benar didedikasikan untuk pelajaran kimia terutama pada kegiatan praktikum. Lembar kerja praktikum yang dapat diakses hanya bersumber dari buku paket yang telah disediakan dari sekolah yang berisikan hanya berupa pertanyaan dasar. Maka dengan adanya pengembangan buku kimia fun chemistry yang memuat serangkaian eksperimen menarik sehingga dapat menjadi suplemen atau bahan ajar tambahan yang digunakan oleh guru untuk melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku kimia berbasis fun chemistry yang dikembangkan serta untuk mengetahui respon guru kimia terhadap penggunaan buku kimia fun chemistry sebagai bahan ajar yang digunakan pada pembelajaran kimia. Rancangan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) melalui prosedur tahapan 4-D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 4 orang validator serta angket respon yang disebarkan kepada guru kimia di MA/SMA Kota Banda Aceh-Aceh Besar. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase lalu mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh keempat validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan persentase sebesar 90,83% dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada guru kimia melalui penyebaran angket respon diperoleh skor keseluruhan sebesar 91,36% dengan kualifikasi “sangat setuju”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku kimia berbasis fun chemistry sangat layak untuk digunakan oleh guru kimia dalam melakukan pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Jihan Zia ‘Ufairah
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:37
Last Modified: 14 Oct 2022 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23729

Actions (login required)

View Item
View Item