Pengembangan Media Seni Peran Berbasis Naskah (Menirasiska) Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Beutong

Rini Saputri, 170208011 (2022) Pengembangan Media Seni Peran Berbasis Naskah (Menirasiska) Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Beutong. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Media Seni Peran Berbasis Naskah (Menirasiska) Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Beutong] Text (Pengembangan Media Seni Peran Berbasis Naskah (Menirasiska) Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Beutong)
Rini Saputri, 170208011, FTK, PKM, 082165657677.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Penelitian pengembangan media seni peran berbasis naskah (menirasiska) pada larutan penyangga di SMA Negeri 1 Beutong, dilatar belakangi oleh kebutuhan siswa yang mengharapkan pembelajaran menyenangkan seperti belajar sambil bermain, agar kegiatan pembelajaran tidak terlalu kaku. Namun masih dalam ruang lingkup materi yang diajarkan. Penelitian ini dilakukan untuk memotivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran kimia, serta memudahkan siswa memahami konsep yang bersifat submikroskopik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari menirasiska yang akan dikembangkan dan respon siswa terhadap menirasiska tersebut. Rancangan penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Reserch and Development) dengan menggunakan model desain ADDIE. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan lembar angket. Selanjutnya, data penelitian dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil validasi memperoleh nilai rata-rata dari 4 orang validator sebesar 83,04% dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba skala kecil pada 11 orang siswa dan uji coba skala besar pada 25 orang siswa memperoleh nilai persentase berturut-turut 86,75% dan 93,2% dengan kategori respon siswa sangat tertarik untuk penerapan menirasiska pada proses belajar. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa media seni peran berbasis naskah (menirasiska) pada materi larutan penyangga, sangat layak digunakan sebagai media dan respon siswa juga sangat tertarik terhadap media yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Beutong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Rini Saputri
Date Deposited: 14 Oct 2022 02:38
Last Modified: 14 Oct 2022 02:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23732

Actions (login required)

View Item
View Item