Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2021-2022

Lusi Oki Kurnia, 170209103 (2022) Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2021-2022. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2021-2022] Text (Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Siswa Kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan Tahun Ajaran 2021-2022)
Lusi Oki Kurnia, 170209103, FTK, PGMI, 082294780909.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana yang berisi rangkaian kegiatan pembelajaran dalam proses perbelajaran gunanya untuk mengelola siswa, mengelola guru, mengelola kegiatan pembelajaran dan mengelola lingkungan belajar. Oleh karena itu untuk mencapai tujuan pendidikan dalam pembelajaran, guru diharapkan memiliki beberapa strategi untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas III MIN 8 kabupaten Aceh Selatan, 2) Apa kendala yang di hadapi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tematik terpadu kelas III MIN 8 kabupaten Aceh Selatan, 3) Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas III MIN 8 Kabupaten Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui Reduksi Data, Display Data, Vertifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa startegi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran tematik terpadu siswa kelas III MIN 8 kabupaten Aceh Selatan menggunakan strategi ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Kendala yang dihadapi dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis berasal dari faktor Internal seperti ada siswa yang kurang jelas penglihatan, lambat dalam menangkap materi dan faktor Eksternal seperti lingkungan keluarga dan masyarakat, Upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dapat berasal dari faktor Eksternal guru membuat pembelajaran dengan manarik sehingga akan memotivasi siswa untuk belajar. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah strategi yang gunakan guru MIN 8 Aceh Selatan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih kurang baik. Karena guru kurang mengembangkan strategi pembelajaran. Jadi guru menggunakan strategi ekspositori yaitu suatu pembelajaran yang berpusat kepada guru misalnya metode ceramah. Kemudian ada juga beberapa pembelajaran berpusat pada siswa seperti diskusi, belajar kelompok, pemberian tugas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Lusi Oki Kurnia Lusi
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:05
Last Modified: 17 Oct 2022 02:05
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23733

Actions (login required)

View Item
View Item