Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh

Nilda Savitra, 170209106 (2022) Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh] Text (Pemanfaatan Pojok Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh)
Nilda Savitra, 170209106, FTK, PGMI, 085282728373.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa merupakan suatu program penting yang harus dilaksanakan oleh sekolah dalam memanfaatkan pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa. Oleh karena itu, minat baca bisa ditingkatkan lagi apabila ditunjang dengan adanya program pojok baca di dalam kelas, hal ini tentu sangat diharapkan agar memperoleh hasil yang positif terutama bagi minat baca siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca siswa di kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh, dan (2) kendala yang dihadapi guru dalam memanfaatkan pojok baca di kelas V-A pada MIN 4 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru dan siswa di kelas V-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan pojok baca dalam meningkatkan minat baca di kelas V-A pada MIN 4 Banda aceh dimanfaatkan ketika melakukan kegiatan gerakan literasi sekolah, sebagai bahan diskusi atau bahan pencarian dan mengisi waktu kekosongan siswa. Kendala-kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan pojok baca adalah koleksi buku yang tidak diperbarui secara berkala, siswa yang tidak suka membaca, pengadaan variasi buku yang masih kurang, dan kurangnya kerja sama antara guru dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nilda Savitra
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:06
Last Modified: 17 Oct 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23738

Actions (login required)

View Item
View Item