Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Lukman Hakim, 197506241999031001 (2022) Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Fakultas ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Peer Review jurnal dengan judul Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas] Text (Peer Review jurnal dengan judul Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas)
_Jurnal Nasional Terakreditasi_Pemikiran Islam Modern Syed Muhammad Naquib Al-Attas.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (435kB)

Abstract

Al-Attas adalah salah satu tokoh yang pemikirannya terus menjadi perbincangan dan acuan dalam menyoroti Islam sebagai pandangan dunia di era kontemporer ini. Secara garis besar, yang melandasi pemikiran al-Attas adalah situasi kemunduran umat Islam dalam berbagai sistem kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan dan perkembangan ilmu pengetahuan. Maka dari itu, memang dalam karya-karyanya, al-Attas secara umum memfokuskan pemikirannya dalam mengembalikan nilai Islam sebagai pandangan dunia (reaktualisasi ajaran Islam), mengusung kemandirian Islam dari jeratan peradaban Barat (dewesternisasi) dan gagasan desekularisasi, suatu upaya mengintegrasikan ilmu-ilmu keislaman, mengembalikan keharmonisan antara agama (Islam) dengan sains. Untuk itu, al-Attas menawarkan beberapa konsep pembaharuan, seperti islamisasi ilmu yang merupakan proses dekonstruksi terhadap ilmu pengetahuan Barat untuk kemudian direkonstruksi ke dalam sistem pengetahuan Islam, dan konsep pendidikan Islam yang bertujuan menciptakan manusia paripurna, yaitu manusia yang sadar akan individualitasnya dan hubungannya yang tepat dengan Tuhan, masyarakat, dan alam. Keduanya adalah perwujudan dari reaktualisasi kebangkitan peradaban Islam.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran > 2X7.42 Pembaharuan dan Pemikiran dalam Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Aqidah
Depositing User: Lukman Hakim
Date Deposited: 20 Oct 2022 08:11
Last Modified: 20 Oct 2022 08:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23757

Actions (login required)

View Item
View Item