Urgensi Pemahaman Tanawwu' al-Ibadah bagi Kedamaian Umat

Agusni Yahya, 2025085905 (2022) Urgensi Pemahaman Tanawwu' al-Ibadah bagi Kedamaian Umat. In: Merajut Aceh Dari Yogya: Kompilasi Pemikiran Intelektual Muda Aceh Yogyakarta. I ed. Himpasay-Nuha Litera, Yogyakarta, pp. 199-228. ISBN ISBN: 979-1446-39-6

[thumbnail of Buku ini membahas masalah tanawwu’ al-ibadah dalam perspektif Ibnu Taimiyyah, sebuah perspektif cukup akomodatif, demokratis dan persuasif] Text (Buku ini membahas masalah tanawwu’ al-ibadah dalam perspektif Ibnu Taimiyyah, sebuah perspektif cukup akomodatif, demokratis dan persuasif)
Urgensi Tanawwu' fil ibadah_MERAJUT ACEH_2009.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB)

Abstract

Tulisan ini membahas masalah tanawwu’ al-ibadah dalam perspektif Ibnu Taimiyyah, sebuah perspektif cukup akomodatif, demokratis dan persuasif. Dipandang akomodatif, menurut Ibnu Taimiyyah, semua bentuk dan doa dalam suatu ibadat yang disunnahkan oleh Nabi Saw berhak diamalkan oleh umat dalam rangka sebaik-baik pengamalan sunnah. Demokratis, karena umat Islam dilarang bersikap fanatik kepada mazhab, imam atau aliran tertentu dimana hal tersebut mempersempit pengamalan sunnah Nabi Saw yang bersifat luas dan luwes dalam beribadah. Sikap fanatik mazhab juga mempersukar terbangunnya ukhuwwah Islamiyyah dan persatuan umat. Persuasif, karena menurutnya, bermufaraqah yang menjauhkan umat dari jama’ah adalah sebuah dosa. Oleh karena itu, seorang imam jama’ah haruslah memperhatikan psikologi dan preferensi sebuah jama’ah dengan menggairahkan mereka dan memberi pencerahan kepadanya.

Item Type: Book Section
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Agusni Yahya
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:26
Last Modified: 17 Oct 2022 03:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23765

Actions (login required)

View Item
View Item