Pemahaman Ulama tentang Hadis Pelaksanaan Shalat Jumat di Kabupaten Pidie (Ketua Peneliti)

Agusni Yahya, 2025085905 (2022) Pemahaman Ulama tentang Hadis Pelaksanaan Shalat Jumat di Kabupaten Pidie (Ketua Peneliti). LP2M UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Karya ini erisi tentang keragaman pelaksanaan shalat jumat di Aceh] Text (Karya ini erisi tentang keragaman pelaksanaan shalat jumat di Aceh)
Laporan penelitian kolektif_Pemahaman Ulama tentang hadis shalat jumat_2016.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Secara umum, di Aceh terdapat keragaman terkait pelaksanaan shalat jumat. Selama bertahun-tahun tidak pernah terjadi upaya suatu kelompok yang saling berbeda pelaksanaannya untuk menyudutkan dan menganggap selain yang dipraktekkan oleh kelompoknya tidak sah. Namun dalam dua tahun terakhir ini sudah mulai muncul kelompok yang menyudutkan dan menyalahkan kelompok yang berbeda dengan mereka serta berusaha untuk menyeragamkan pola tata laksana shalat jumat seperti yang mereka lakukan. Hasil penelitian ini menyimpulkan beberapa hal. 1. Menurut responden, azan dua kali mengamalkan kebijakan khalifah Usman r.a. 2. Memegang tongkat, responden berpendapat hukumnya sunat berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleg Abu Daud dari al-Hakam bin Hazn. 3. Kedudukan muwallat dalam khutbah tidak ditemukan hadis yang menjelaskan kewajiban muwallat dalam khutbah.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Agusni Yahya
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:29
Last Modified: 17 Oct 2022 03:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23771

Actions (login required)

View Item
View Item