Peer Review tentang Analisis 'Illat Hadis tentang Zakat Fitrah dalam kitab 'Ilal Karya Dar al-Quthny

Agusni Yahya, 2025085905 (2022) Peer Review tentang Analisis 'Illat Hadis tentang Zakat Fitrah dalam kitab 'Ilal Karya Dar al-Quthny. LP2M UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan penelitian ini berisi tentang aspek-aspek illat hadis yang terdapat dalam hadis tentang zakat fitrah dalam kitab ‘ilal karya Imam Dar al-Quthni] Text (Laporan penelitian ini berisi tentang aspek-aspek illat hadis yang terdapat dalam hadis tentang zakat fitrah dalam kitab ‘ilal karya Imam Dar al-Quthni)
peer review-analisis illat.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (364kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji aspek-aspek illat hadis yang terdapat dalam hadis tentang zakat fitrah dalam kitab ‘ilal karya Imam Dar al-Quthni. Dalam kitab ini mengatakan ‘illat yang ada dalam sebuah hadis mesti mendapat penjelasan memadai sehingga diketahui setip orang mengapa hadis dinyatakan berillat. Hadis-hadis ber’illat terdiri dari berbagai tema, salah satunya hadis zakat fitrah berkaitan jumlah yang harus dikeluarkan oleh setiap muslim. Para ulama menetapkan ‘illat hadis pada sanad dan matan. Adakalanya suatau hadis ber’illat pada matan saja, dan adakalanya pada sanad saja atau kedua-duanya. Suatu hadis yang ber’illat biasanya terdiri dari bebereapa versi sanad, dan ada diantara versi tersebut ber’illat dan terdapat juga hadis mahfudh (tidak ber’illat).

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X2 Hadis dan ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Agusni Yahya
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:28
Last Modified: 17 Oct 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23780

Actions (login required)

View Item
View Item