Peer Review Paham Keagamaan dan Masalah Aktual yang Berkembang dalam masyarakat Kota Banda Aceh (Zikir Berjamaah di Kota Banda Aceh)

Agusni Yahya, 2025085905 (2022) Peer Review Paham Keagamaan dan Masalah Aktual yang Berkembang dalam masyarakat Kota Banda Aceh (Zikir Berjamaah di Kota Banda Aceh). Majelis Permusyawaratan Ulama, Banda Aceh.

[thumbnail of Karya ini berisi Penelitian ini berisi fenomena kegiatan zikir massal (zikir berjamaah) di kota Banda Ace] Text (Karya ini berisi Penelitian ini berisi fenomena kegiatan zikir massal (zikir berjamaah) di kota Banda Ace)
peer review-zikir berjamaah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan fenomena kegiatan zikir massal (zikir berjamaah) di kota Banda Aceh. Penyelenggaraan zikir di Banda Aceh diselenggarakan di tempat umum dan terbuka. Salah satu tempat yang dipilih adalah mesjid Raya Baiturrahman. Setiap kali penyelenggaraan zikir, peserta berdatangan dari berbagai wilayah. Pertimbangan mereka mengikuti zikir adalah merasa kenyamanan saat berzikir dan setelah mengikuti kegiatan tersebut, tidak terbebani menghafal urutan bacaan dalam zikir karena dibimbing langsung oleh pemimpin kelompok zikir. Peserta zikir umumnya mengakui aktvitas zikir amat sakral dan sesuai dengan syariat Islam.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Agusni Yahya
Date Deposited: 17 Oct 2022 03:28
Last Modified: 17 Oct 2022 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23782

Actions (login required)

View Item
View Item