Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Nagan Raya

Agustiar Saputra, 150603087 (2022) Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Nagan Raya. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Nagan Raya] Text (Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Masyarakat Nagan Raya)
Agustiar Saputra, 150603087, FEBI, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lembaga atau perusahaan perbankan syariah yang kini wajib beroperasi sesuai syariat Islam di Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi keuangan syariah masyarakat kabupaten Nagan Raya. Pengukuran tingkat literasi keuangan syariah ditinjau dari beberapa aspek. Berbagai aspek literasi keuangan syariah yang digunakan dalam penelitian ini meliputi aspek literasi keuangan syariah dasar, aspek simpan pinjam syariah, aspek asuransi syariah, dan aspek investasi syariah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan bersifat deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 168,392. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 402 orang dengan menggunakan tehnik proportional sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan syariah masyarakat kabupaten Nagan Raya sebesar 53,88 %, jika persentase tersebut dikategorikan kedalam kriteria tingkat literasi keuangan menurut Chen dan Volpe maka 53,88 % berada pada kategori rendah. Nilai rata-rata yang diperoleh pada aspek pengetahuan keuangan dasar syariah adalah 53,34%, tabungan dan pinjaman syariah sebesar 45,78%, asuransi syariah 49,04%, dan aspek investasi syariah 67,22%. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan instansi terkait jasa lembaga keuangan syariah untuk terus aktif dalam upaya melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dengan literasi keuangan Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Agustiar Saputra Agus
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:31
Last Modified: 17 Oct 2022 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23795

Actions (login required)

View Item
View Item