Pengaruh Kompetensi Individual Pustakawan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh

Muhammad Diah, 531102606 (2022) Pengaruh Kompetensi Individual Pustakawan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Pengaruh Kompetensi Individual Pustakawan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh] Text (Pengaruh Kompetensi Individual Pustakawan Terhadap Produktivitas Kerja Pada Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Aceh)
Muhammad Diah, 531102606, FAH, IP, 085260255505.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kompetensi Individual Pustakawan terhadap Produktivitas Kerja pada Perpustakaan dan Kearsipan Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kompetensi Individual Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh dan tingkat pengaruh antara Kompetensi Individual Pustakawan terhadap Produktivitas Kerja pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 pustakawan yang ditentukan dengan formula Slovin. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tertutup. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, sebahagian besar pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh memiliki kompetensi individual meliputi: (1) memiliki komitmen dalam memberikan layanan terbaik, (2) mampu mencari peluang dan melihat kesempatan baru baik di dalam maupun di luar perpustakaan, (3) berpandangan luas, (4) mampu mencari partner kerja, (5) mampu menciptakan lingkungan kerja yang dihargai dan dipercaya, (6) memiliki ketrampilan bagaimana berkomunikasi yang efektif, (7) dapat bekerjasama secara baik dalam suatu tim kerja, (8) memiliki sifat kepemimpinan, (9) mampu merencanakan, memprioritaskan dan memusatkan pada suatu yang kritis, (10) memiliki komitmen untuk selalu belajar dan merencanakan pengembangan kariernya, (11) mampu mengenali nilai dari kerjasama secara profesional dan solidaritas, (12) memiliki sifat positif dan fleksibel dalam menghadapi perubahan. Kedua, kompetensi Individual Pustakawan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh memiliki hubungan yang “Sedang” dengan Produktivitas Kerjanya. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai r hitung yaitu sebesar 0,546 yang menduduki pada posisi tersebut. Lebih lanjut, Kompetensi Individual Pustakawan berpengaruh signifikan terhadap Produktivitas Kerja pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh. Hal ini dibuktikan dengan besarnya F hitung dari pada F tabel untuk taraf kesalahan 1 % dengan perolehan nilai 18,286 > 7,19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Muhammad Diah
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:29
Last Modified: 17 Oct 2022 02:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23796

Actions (login required)

View Item
View Item