Kontribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi LKM-Beng Mawah Desa Saree Aceh Besar)

Rahmad Muliadi, 140603003 (2022) Kontribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi LKM-Beng Mawah Desa Saree Aceh Besar). Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

[thumbnail of Kontribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi LKM-Beng Mawah Desa Saree Aceh Besar)] Text (Kontribusi Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi LKM-Beng Mawah Desa Saree Aceh Besar))
Rahmad Muliadi, 140603003, FEBI, PS, 085223439745.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesejahteraan anggota LKM-Beng Mawah melalui program Pemberdayaan dan Pembiayaan dalam upaya meningkatkan pendapatan anggota. Data diperoleh menggunakan angket/kuesioner dengan populasi seluruh anggota KSPS LKM Beng Mawah Desa Saree Aceh Seulawah Aceh Besar yaitu 195 orang. Sampel dipilih sebanyak 68 dengan teknik Purposive Sampling. Data tersebut dianalisis dengan analisis jalur (Path Analysis) dengan dua kali analisis regresi linier berganda (multiple regression analysis), yaitu pengaruh Pemberdayaan dan Pembiayaan terhadap Pendapatan dan pengaruh Pemberdayaan, Pembiayaan, dan Pendapatan terhadap Kesejahteraan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberdayaan, Pembiayaan dan pendapatan berpengaruh dan berkontribusi terhadap kesejahteraan (direct effcet). Sedangkan secara indirect effect pemberdayaan dan pembiayaan berpengaruh terhadap Kesejahteraan melalui pengaruhnya terhadap Pendapatan. Secara keseluruhan, Pengaruh Pemberdayaan, Pembiayaan, dan Pendapatan mempengaruhi Kesejahteraan dengan nilai sebesar 52,1%. Mengoptimalkan pemberdayaan dari segi pelatihan, pemodalan, dan pendampingan usaha merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Rahmad Muliadi
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:50
Last Modified: 17 Oct 2022 02:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23799

Actions (login required)

View Item
View Item