Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Pasie Raja

Leddy Avista Lestari, 251324436 (2017) Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMAN 1 Pasie Raja. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas Tentang Pendidikan]
Preview
Text (Membahas Tentang Pendidikan)
PDF Gabung Lengkap.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Belajar berdasarkan pengalaman atau penemuan sendiri dapat mengingat suatu hal akan lebih banyak karena melibatkan seluruh indra. Namun, pada kenyataannya pembelajaran fisika sering disajikan dalam bentuk langsung dan masih bersifat satu arah dari guru ke siswa (teacher oriented). Hal ini adalah salah satu dari faktor mendasar yang menyebabkan hanya 20% siswa/i SMAN 1 Pasie Raja yang mendapatkan nilai diatas KKM yaitu sebesar 75, untuk itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa yang mana siswa tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya tetapi diharapkan dengan penemuan sendiri. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa dan menyajikan proses belajar berdasarkan penemuan sendiri adalah Discovery Learning sesuai dengan pembelajaran yang disarankan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada materi fluida statis dan mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasi Eksperimen, sedangkan desainnya adalah Pre-test and Post-test Control Group Desain yang dilaksanakan di SMAN 1 Pasie Raja. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pasie Raja semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga memperoleh kelas eksperimen XI IPA 2 yang berjumlah 29 siswa/i dan kelas kontrol XI IPA 1 yang berjumlah 30 siswa/i. Pengumpulan data dilakukan dengan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari hasil respon siswa menggunakan analisis deskriptif (persentase). Hasil penelitian dari uji statistik menunjukan bahwa setelah menggunakan model pembelajaran Discovery Learning didapat thitung> ttabel yaitu 6,12 > 1,67 pada taraf signifikan 95% dan selisih perbedaan persentase peningkatan rata-rata nilai post-test hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana persentase kelas eksperimen lebih meningkat sebesar 22,97%. Respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Discovery Learning dengan pernyataan positif yang menjawab dengan kriteria sangat setuju (S S) 40,44% dan setuju (S)44,83% sedangkan pada pernyataan negatif yang menjawab dengan criteria sangat tidak setuju (STS) 36,21% dan tidak setuju (TS) 41,38%. Dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran Discovery Learning pada materi fluida statis dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat membuat siswa lebih termotivasi serta semangat dalam belajar, dapat dilihat dari hasil respon siswa yang sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Khairiah Syahabuddin, M.SHc., M.TESOL., Ph.D 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Fluida Statis, Hasil Belajar
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Leddy Avista Lestari
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:26
Last Modified: 31 Jan 2018 08:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2380

Actions (login required)

View Item
View Item