Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Kunjungan Pemustaka Pada UPT. Perpustakaan Uin Ar-Raniry

Rasidah, 150503018 (2022) Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Kunjungan Pemustaka Pada UPT. Perpustakaan Uin Ar-Raniry. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Kunjungan Pemustaka Pada UPT. Perpustakaan Uin Ar-Raniry] Text (Pengaruh Promosi Melalui Instagram Terhadap Kunjungan Pemustaka Pada UPT. Perpustakaan Uin Ar-Raniry)
Rasidah, 150503018, FAH, IP, 085359205367.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Media sosial instagram adalah salah satu media sosial yang terus meningkat penggunanya setiap tahunnya. Media instagram menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan promosi, tak terkecuali perpustakaan. Promosi menjadi hal yang penting untuk memperkenalkan perpustakaan pada khalayak umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi melalui instagram terhadap kunjungan pemustaka pada UPT.Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket. Angket diedarkan kepada 90 sampel dari 899 populasi dengan teknik pengambilannya menggunakan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai R sebesar 0,625, yang menunjukkan bahwa hubungan antara promosi melalui instagram (variabel X) dan kunjungan pemustaka (variabel Y) dilihat dari tabel interpretasi tergolong kuat. Hasil uji F terbukti bahwa Fhitung 56.395 > Ftabel 2.32, maka hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa promosi melalui instagram memiliki pengaruh kuat terhadap kunjungan pemustaka. Sedangkan hasil koefisien determinasinya (R2) diperoleh nilai sebesar 0.391, menunjukkan bahwa persentase pengaruh variabel sebesar 39.1%. Hal ini menunjukkan bahwa 39.1% promosi melalui instagram mempengaruhi kunjungan pemustaka. Sedangkan 60.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Rasidah Rasidah
Date Deposited: 17 Oct 2022 02:51
Last Modified: 17 Oct 2022 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23802

Actions (login required)

View Item
View Item