Didaktik Andragogi Islami Pada BPSDM Aceh

Zulkhaidir, 27153176 (2022) Didaktik Andragogi Islami Pada BPSDM Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Didaktik Andragogi Islami Pada BPSDM Aceh] Text (Didaktik Andragogi Islami Pada BPSDM Aceh)
Zulkhaidir, 27153176, PS, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Ruang pembahasan tentang pendidikan orang dewasa belum cukup banyak dikaji, terutama dalam Pelatihan Dasar CPNS, DIKLATPIM III, DIKLATPIM IV yang diikuti oleh ASN, dengan durasi waktu 2 bulan hingga 3 bulan lamanya. Proses pendidikan tersebut menginternalisasikan konsep dan praktik dalam rangka membiasakan tertanamnya ilmu, sikap dan ketrampilan bagi ASN. Tetapi dalam kenyataannya, pendidikan dan pelatihan menjadi sesuatu yang ditakuti dan dicemaskan oleh ASN yang menjadi peserta Diklat tersebut. Bahkan adanya anggapan bahwa belajar bagi orang dewasa sudah selesai, ketika ia dinyatakan lulus CPNS (dengan ijazah sarjana). Hal ini pula yang membuat peneliti tertarik untuk mengkaji pendidikan andragogi Islami pada BPSDM Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan data utamanya dihasilkan dari lapangan (field research). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi, di mana peneliti berusaha mencari tahu pemahaman orang dewasa dalam mengkontruksi makna dan konsep dalam belajar. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tidak terstruktur, Focus Group Discussion (FGD), dan telaah dokumen yang berkaitan dengan kajian dalam penelitian ini.
Hasil penelitan menunjukkan, (1) pada tataran konsep diri, terlihat sekali belum terbangun konsep diri untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan yang diselenggarakan oleh BPSDM Aceh. (2) Pada aspek pengalaman belajar orang dewasa, cenderung lebih dominan praktik daripada teori. Pendidikan dan pelatihan yang diikuti lebih banyak memberi ruang simulasi untuk menjawab berbagai persoalan-persoalan yang dihadapi di lapangan. (3) Pada aspek kesiapan belajar orang dewasa, memperlihatkan keterbatasan mereka mengaktualisasikan antara konsep dan persoalan-persoalan yang akan mereka hadapi terutama dalam organisasi. (4) pada aspek orientasi belajar orang dewasa, terlihat bentuk perubahan dalam hal perilaku, intelektual, dan emosional. Adapun novelty kajian ini yaitu, “Permainan Bermakna Andragogi Islami.”

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S3 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulkhaidir Zulkhaidir
Date Deposited: 28 Oct 2022 03:23
Last Modified: 28 Oct 2022 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23812

Actions (login required)

View Item
View Item