Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Pocut Meulingoe Kabupaten Bireuen

Reva Munauwarah, 170210075 (2022) Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Pocut Meulingoe Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun  Di Paud Pocut Meulingoe Kabupaten Bireuen] Text (Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Pocut Meulingoe Kabupaten Bireuen)
Reva Munawarah, 170210075, FTK, PIAUD, 085216667131.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Perkembangan bahasa anak merupakan suatu proses berinteraksi dan berkomunikasi dalam menyampaikan perasaan dalam bentuk lisan maupun tulisan serta menggunakan kosakata, pola gambar, simbol-simbol dan lainnya. Berdasarkan pengamatan awal peneliti lakukan di PAUD Pocut Meuligoe ditemukan perkembangan bahasa anak belum berkembang, seperti belum mampu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks secara jelas, belum mampu menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama, belum mampu untuk menyatakan secara lisan dengan menggunakan perbendaharaan kata, belum mampu mengenal simbol untuk persiapan membaca, menulis, dan menghitung, belum mampu untuk berkomunikasi dengan kalimat yang sederhana dan mudah dipahami, belum mampu memiliki kata untuk mengespresikan ide pada orang lain. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisi perkembangan bahasa anak dan faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif, dengan jumlah subjek 3 orang anak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil pengolahan data ditemukan bahwa perkembangan bahasa anak ARJ dan AM belum berkembang (BB) dan AK mulai berkembang (MB). Berdasarkan hasil wawancara juga ditemukan kendala yang dihadapi guru dalam pembelajaran terhadap perkembangan bahasa anak seperti kurangnya media yang disediakan oleh sekolah, kekurangan metode dalam bercerita untuk peserta didik, dan kurangnya interaksi antara guru dan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Reva Munauwarah
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:35
Last Modified: 18 Oct 2022 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23813

Actions (login required)

View Item
View Item