Mekanisme Transaksi Jual Beli Ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Pekan Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah

Gunawan, 150602013 (2022) Mekanisme Transaksi Jual Beli Ditinjau dari Etika Bisnis Islam di Pekan Pondok Baru Kecamatan Bandar Kabupaten Bener Meriah. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Transaksi Jual Beli Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam] Text (Transaksi Jual Beli Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam)
Gunawan, 150602013, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Etika bisnis Islam adalah akhlak dalam menjalankan bisnis sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Islam yang berbasis Al-Qur‟an dan Hadis yang harus dijadikan pedoman oleh para pebisnis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana transaksi jual beli yang dilakukan oleh pedagang di pekan tradisional Pondok Baru dan untuk mengetahui apakah transaksi jual beli yang dilakukan oleh para pedagang telah sesuai atau tidak dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa transaksi jual beli yang terjadi di pekan tradisional Pondok Baru belum sepenuhnya sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam yang disebabkan masih adanya kecurangan dalam jual beli yang terjadi seperti pemalsuan kualitas barang dan manipulasi saat menimbang barang dagangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Gunawan Gunawan
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:16
Last Modified: 19 Oct 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23817

Actions (login required)

View Item
View Item