Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)

Hadyratul Musfirah, 180602057 (2022) Pengaruh Alokasi Dana Desa Terhadap Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Ditinjau Dari Perspektif Maqashid Syariah (Studi di Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Maqashid Syariah] Text (Maqashid Syariah)
Hadyratul Musfirah, 180602057, FEBI, ES, 082361160610.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Salah satu persoalan mendasar yang menjadi pusat perhatian pemerintah di negara manapun adalah masalah mensejahterakan masyarakat, karena tanpa adanya perhatian yang serius maka masalah keterbelakaangan ekonomi akan membuat proses pembangunan dan transformasi akan banyak mengalami hambatan dengan timbulnya penyakit sosial ekonomi di dalam masyarakat. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh alokasi dana desa terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat yang ditinjau dari perspektif maqashid syariah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh alokasi dana desa terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan melihat nilai thitung (4,502) > ttabel (1,287) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, semakin baik penggunaan Alokasi Dana Desa maka akan semakin meningkat kesejahteraan masyarakat Desa Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala. Dilihat dari perspektif maqashid syariah, alokasi dana desa sudah sesuai dengan kelima aspek dharuriyat yaitu memelihara agama, memelihara jiwa, memelihara akal, memelihara keturunan, memelihara harta, baik secara prinsip maupun praktik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Hadyratul Musfirah Fira
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:40
Last Modified: 18 Oct 2022 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23820

Actions (login required)

View Item
View Item