Penerapan Metode Edutainment Berbasis Story Telling Terhadap Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran IPA Terpadu Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMPN 1 Tangan-tangan

Mauli Samita, 170204039 (2022) Penerapan Metode Edutainment Berbasis Story Telling Terhadap Peningkatan Minat Belajar Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pelajaran IPA Terpadu Pada Materi Gelombang Kelas VIII SMPN 1 Tangan-tangan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Story Telling] Text (Story Telling)
Mauli Samita, 170204039, FTK, PFS, 085211442652.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran yang disertai hiburan dapat diwujudkan yaitu dengan menerapkan metode Edutaitment berbasis Story Telling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil peningkatan minat peserta didik dalam pembelajaran pelajaran IPA terpadu pada materi Gelombang di kelas VII SMPN 1 Tangan-Tangan dengan menggunakan metode Edutainment berbasis Story Telling. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-eksperimen dengan jenis One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang melibatkan peserta didik kelas VIIIA SMPN 1 Tangan-Tangan dengan jumlah 24 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik Tes dan Angket. Hasil yang peneliti peroleh dari perhitungan pre-test dan post-test menunjukkan bahwa t-hitung = 16,98, karena derajat kebebasan (dk) adalah 23 dan nilai signifikan adalah α = 0,05, untuk perhitungan ini t-tabel (t0,95(23)) adalah 1,71. Berdasarkan apa yang ditentukan oleh aturan penerimaan hipotesis, Ha diterima jika t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dari perhitungan di atas, jelaslah bahwa t-hitung > t-tabel (16,98 > 1,71). Sementara persentase rata-rata respon siswa diperoleh pernyataan positif dengan kriteria sangat setuju (SS) = 15,12%, setuju (S) = 63,14%, tidak setuju (TS) = 14,57% dan sangat tidak setuju (STS) = 7,13%. Implikasi yang diperoleh dari penelitian ini adalah Penggunaan metode pembelajaran Edutainment dengan teknik Story Telling pada penelitian ini dapat berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik dan juga hasil belajar peserta didik, Pertimbangan bagi guru mata pelajaran IPA dapat mempertimbangkan untuk menggunakan metode pembelajaran Edutainment dengan teknik Story Telling terhadap hasil belajar peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Mauli Samita Mita
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:47
Last Modified: 19 Oct 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23837

Actions (login required)

View Item
View Item