Tarqiyatu fahmi annahwi bikitab “Amtsilati” (Dirasah tajribiyah fil madrasah Al-Muhajirin Aceh Besar )

Mirza Muttaqin, 160202049 (2022) Tarqiyatu fahmi annahwi bikitab “Amtsilati” (Dirasah tajribiyah fil madrasah Al-Muhajirin Aceh Besar ). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Tarqiyatu fahmi annahwi bikitab “Amtsilati” (Dirasah tajribiyah fil madrasah Al-Muhajirin Aceh Besar )] Text (Tarqiyatu fahmi annahwi bikitab “Amtsilati” (Dirasah tajribiyah fil madrasah Al-Muhajirin Aceh Besar ))
Mirza Muttaqin, 160202049, FTK, PBA, 082352464486.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Setelah mengamati proses pembelajaran bahasa Arab, peneliti menemukan masalah yang dihadapi siswa kelas dua Mts Al-Mujhajirin, yaitu kesulitan mereka dalam memahami aturan tata bahasa dalam teks yang mereka baca. Oleh karena itu, peneliti mencoba dengan menggunakan buku "Amtsilati" untuk meningkatkan pemahaman tata bahasa siswa kelas dua Mts Al-muhajirin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan kitab Amtsilati untuk meningkatkan kemampuan siswa memahami tata bahasa di Mts Al-Mujhajirin dan untuk mengidentifikasi tanggapan siswa terhadap pengajaran tata bahasa melalui sarana kitab Amtsilati. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Untuk memperoleh data, peneliti eksperimen menggunakan desain pendahuluan (One Grup Pre-Test, Post-Test Design) dan kuesioner. Adapun masyarakat dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Al-Muhajirin tahun ajaran 2021/2022 M yang berjumlah 244 siswa, dengan rincian 112 siswa laki-laki dan 132 siswa perempuan di sekolah ini. Sampel yang diambil peneliti adalah siswa kelas II, yang berjumlah 20 siswa. Adapun hasil penelitian, penggunaan buku My Example efektif untuk meningkatkan pemahaman grammar siswa, dibuktikan dengan hasil T-TEST (8,305) dan taraf signifikansi (sig.) adalah (05, 0 < 0,000). Respon siswa terhadap kitab Amtsilati mendapat respon rata-rata dengan hasil yang disesuaikan sebesar 2,86.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Pemahaman, Kitab Amtsilati
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mirza Muttaqin Mirza
Date Deposited: 19 Oct 2022 02:57
Last Modified: 19 Oct 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23842

Actions (login required)

View Item
View Item