Pembinaan Karakter Kejujuran Siswa di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam

Sri Rahayu, 170201014 (2022) Pembinaan Karakter Kejujuran Siswa di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Karakterk Siswa] Text (Karakterk Siswa)
Sri Rahayu, 170201014, FTK, PAI,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha yang dilakukan untuk membimbing, membina dan mengarahkan manusia kearah yang lebih baik. Dalam pendidikan sendiri, peran seorang guru sangat penting. Hal ini dikarenakan guru adalah seseorang yang diberi tanggung jawab untuk mendidik dan membina peserta didik agar menjadi baik terutama dalam pembinaan karakter. Karakter merupakan sikap atau tingkah laku yang dimiliki oleh setiap individu yang sangat berguna karena baik buruknya karakter seseorang dapat membentuk prilaku orang tersebut, salah satu karakter yang sangat penting yang harus ada di dalam diri peserta didik adalah kejujuran. Pembinaan karakter kejujuran dapat dilakukan oleh guru saat kegiatan belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas. Hasil observasi awal penulis melihat siswa tidak jujur misalnya disaat ujian, pura-pura sakit, tidak membayar saat jajan di kantin, pamit izin ke kamar mandi padahal jajan di kantin, dan lain sebagainya. Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai pembinaan karakter kejujuran Siswa di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam”. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam membina karakter kejujuran dan faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina karakter kejujuran siswa di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Penelitian bersifat deskriptif menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membina karakter kejujuran siswa yaitu melalui pembiasaan atau teladan, bimbingan, dan arahan. Selama di kelas misalnya saat mengadakan ujian guru terlebih dahulu menasehati siswa agar menjawab sesuai dengan kemampuannya tanpa meminta bantuan kepada teman yang lain. Ada beberapa program sekolah yang membantu proses pembinaan karakter siswa diantaranya bazar, kegiatan keagamaan seperti PBHI termasuk isra’ mi’raj, maulid nabi dan lain sebagainya. Faktor pendukung dan penghambat guru dalam membina karakter kejujuran siswa di SMA Negeri 1 Simpang Kiri Kota Subulussalam. Faktor pendukung yang pertama sekali adalah internal, adanya dorongan dan kolaborasi setiap elemen sekolah, baik itu kepala sekolah, guru, petugas TU dan lain sebagainya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu, pengaruh teman dan kurang mendapatkan perhatian penuh dari orang tuanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sri Rahayu Ayu
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:47
Last Modified: 20 Oct 2022 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23868

Actions (login required)

View Item
View Item