Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penempatan Tenaga Pendidik di MAN 6 Pidie

Mulyani Syahfitri, 180206113 (2022) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Penempatan Tenaga Pendidik di MAN 6 Pidie. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kepala Madrasah] Text (Kepala Madrasah)
Mulyani Syahfitri, 180206113, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala madrasah adalah salah satu faktor penentu untuk mewujudkan keberhasilan proses pembelajatan di madrasah. Kepala madrasah memiliki tugas untuk mengatur madrasah dan pengambilan keputusan. Manajemen kepala madrasah dalam penempatan tenaga pendidik harus mampu menggerakkan aktivitas belajar mengajar dengan baik. Apabila hal ini terabaikan akan dapat menimbulkan kesenjangan dalam proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui kebijakan kepemimpinan, strategi kepemimpinan serta hambatan kepala madrasah dalam penempatan tenaga pendidik di MAN 6 Pidie. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah dan dua tenaga pendidik. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kepemimpinan kepala madrasah dalam penempatan tenaga pendidik mengikuti pedoman kepada prosedur yang telah ditentukan oleh pihak-pihak yang terkait. Selanjutnya kepala madrasah mengidentifikasikan masalah yang terjadi, mengelompokkan dan menganalisa masalah tersebut, tahap selanjutnya kepala madrasah melakukan diskusi dengan pihak-pihak yang bersangkutan seperti tenaga pendidik dan komite sekolah. Setelah melakukan diskusi, kepala madrasah memutuskan keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Serta pelaksanaan keputusan yang telah diambil untuk mencegah kegagalan dalam pengimplementasian kepala madrasah memilih orang yang bertanggungjawab. Serta mengontrol dan memberikan pelatihan kepada pihak yang diberi tugas serta melibatkan semua pihak dalam pengevaluasian. Strategi dalam penempatan tenaga pendidik ialah dengan cara menentukan latarbelakang pendidikan, bersertifikasi, memiliki pengalaman kerja, memiliki skill yang dimiliki, dan sehat jasmani dan rohani. Hambatan dalam penempatan tenaga pendidik adalah kurangnya etos kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mulyani Syahfitri Mul
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:01
Last Modified: 20 Oct 2022 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23870

Actions (login required)

View Item
View Item