Analisis Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Minat Belanja Online (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar- Raniry)

Aiyu Ikrima, 180602067 (2022) Analisis Bauran Pemasaran Syariah Terhadap Minat Belanja Online (Studi Pada Mahasiswa FEBI UIN Ar- Raniry). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Bauran Pemasaran Syariah] Text (Bauran Pemasaran Syariah)
Aiyu Ikrima, 180602067, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi sangat berdampak bagi kehidupan sosial, terutama dalam kegiatan mu’amalah seperti jual beli online (e-commerce), tingginya peminat e-commerce dikalangan umat muslim terus meningkat dari waktu kewaktu. Maka dari itu, penerapan bauran pemasaran syariah dalam c-commerce sangat penting bagi kelangsungan usaha yang dijalankan oleh pemasar muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran pemasaran syariah (marketing mix) 7P terhadap minat belanja Online mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Variabel bauran pemasaran dalam penelitian ini terdiri dari produk, harga, promosi, distribusi, manusia, janji dan sabar. Metode penelitian yang digunakan merupakan kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Sumber data penelitian diperoleh dari wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua elemen bauran pemasaran (marketing mix) 7P berpengaruh terhadap minat mahasiswa FEBI UIN Ar-Raniry belanja online. Sebagian pemasar e- commerce sudah menerapkan bauran pemasaran syariah dengan baik dan membuat mahasiwa FEBI semakin minat belanja online. Namun masih ada penerapan bauran pemasaran syariah pada sebagian pemasar e- commerce masih kurang maksimal, sebagian pemasar belum mengedepankan prinsip pemasaran syariah dengan baik dan sesuai syariah sehingga minat mahasiswa FEBI belanja online menurun dan memutuskan pindah ke e-commerce lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Aiyu Ikrima Ayu
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:03
Last Modified: 20 Oct 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23872

Actions (login required)

View Item
View Item