Pengembangan Buku Ajar Pada Sub Materi Lumut (Bryophyta) Di SMAN 6 Aceh Barat Daya

Tian Parmila, 180207099 (2022) Pengembangan Buku Ajar Pada Sub Materi Lumut (Bryophyta) Di SMAN 6 Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Ajar Pada Sub Materi Lumut (Bryophyta) Di SMAN 6 Aceh Barat Daya] Text (Pengembangan Buku Ajar Pada Sub Materi Lumut (Bryophyta) Di SMAN 6 Aceh Barat Daya)
Tian Parmila, 180207099, FTK, PBL, 085314744358.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kurangnya pembahasan sub materi Bryophyta yang terdapat pada buku paket sekolah menyebabkan siswa kurang memahami materi tersebut. Guru disekolah belum mampu mengembangkan buku ajar sehingga perlu adanya pengembangan sebuah media buku ajar khususnya yang membahas tentang sub materi lumut untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar, menguji kelayakan dan menguji respon siswa terhadap buku ajar yang dikembangkan. Rancangan penelitian ini yaitu menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model Borl and Goll yang terdiri dari 4 tahapan meliputi Pengumpulan Informasi, Perencanaan, Pengembangan Desain, dan Uji Kelompok Kecil. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi para ahli dan lembar respon peserta didik. Analisis data untuk hasil validasi ahli materi memperoleh persentase penilaian sebesar 81,90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase penilaian sebesar 81,81% dengan kategori sangat layak. Hasil respon siswa memperoleh persentase sebesar 94,6% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil validasi uji kelayakan dan kemenarikan, dapat disimpulkan bahwa media buku ajar sangat layak dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Tian Parmila Tian
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:06
Last Modified: 21 Oct 2022 02:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23879

Actions (login required)

View Item
View Item