Upaya Guru BK Untuk Pencegahan Degradasi Moral Siswa SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar

Juliyana Fitri, 160213058 (2021) Upaya Guru BK Untuk Pencegahan Degradasi Moral Siswa SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Upaya Guru BK Untuk Pencegahan Degradasi Moral  Siswa SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar] Text (Upaya Guru BK Untuk Pencegahan Degradasi Moral Siswa SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar)
Juliyana Fitri, 160213058, FTK, BK, 082218474642.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Bimbingan dan Konseling merupakan proses pemberian layanan yang diberikan oleh guru BK kepada individu dalam mengembangkan diri dan potensi diri individu. Penelitian ini melatar belakangi berbagai fenomena perilaku siswa yang terjadi dilapangan dimana terdapat sebagian siswa yang tidak mematuhi tata tertib sekolah seperti datang terlambat kesekolah, tidak tertib di kelas, tidak mau mendengarkan guru, membuang sampah tidak pada tempatnya, tidak bertanggung jawab terhadap tugas dan menganggap remeh guru, berkata-kata kasar, merokok, tidak jujur dan berkelahi sesama siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa bentuk upaya guru BK dalam rangka pencegahan prilaku degradasi moral siswa dan apa saja pemicu munculnya prilaku degradasi moral siswa di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa bentuk yang dilakukan Guru BK dalam rangka pencegahan prilaku degradasi moral siswa dan Untuk mengetahui apa pemicu munculnya prilaku degradasi moral siswa di SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yang terdiri dari 2 orang Guru BK dan 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisis melalui pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) bentuk upaya yang dilakukan guru BK dalam rangka pencegahan prilaku degradasi moral siswa yaitu melakukan tindakan preventif, tindakan refresif, tindakan persuasive dan tindakan kuratif dengan memberikan layanan konseling individu dan bimbingan klasikal yang dimana tindakan tersebut diberikan sesuai dengan kebutuhan siswa SMK Negeri 1 Al-Mubarkeya Aceh Besar. 2) pemicu munculnya prilaku degradasi moral siswa yaitu Faktor internal yaitu faktor yang memang berasal dari diri siswa sendiri seperti intelegensi rendah, frustasi, dan pengetahuan yang rendah dan Faktor eksternal yaitu faktor degradasi moral yang merupakan pengaruh dari luar siswa seperti faktor keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.4 Bimbingan dan Penyuluhan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Juliyana Fitri Juliyana
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:07
Last Modified: 21 Oct 2022 02:07
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23881

Actions (login required)

View Item
View Item