Kontribusi Arisan Dalam Menambah Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Gampong Dilib Lamteungoh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar)

Siti Julaiha, 150602037 (2020) Kontribusi Arisan Dalam Menambah Kesejahteraan Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi di Gampong Dilib Lamteungoh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kontribusi Arisan] Text (Kontribusi Arisan)
Siti Julaiha, 150602037, FEBI, ES,.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola arisan uang yang berjalan di Gampong Dilib Lamteungoh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota arisan yang ada di Gampong Dilib Lamteungoh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 500 orang. Sampel dalam penelitian ini sebesar 10% dari populasi yaitu 50 orang. Arisan yang dilakukan oleh anggota arisan Gampong Dilib Lamteungoh Kecamatan Suka Makmur Kabupaten Aceh Besar memiliki pengaruh dan kontribusi yang cukup besar bagi anggota arisan. Kegiatan arisan di Gampong dilib Lamteungoh merupakan salah satu kegiatan ekonomi rakyat yang melembaga dan merakyat. Di dalam sistem arisan yang berkembang di masyarakat diperbolehkan dalam Islam karena anggota arisan tidak ada unsur riba, penipuan (tadlis), hal ini dilakukan dengan adil, transparan, disaksikan oleh peserta dan tidak ada yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Julaiha Siti
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:26
Last Modified: 21 Oct 2022 02:26
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23884

Actions (login required)

View Item
View Item