Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan Dikecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen

Siti Fatmawati, 180209051 (2022) Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan Dikecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan Dikecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen] Text (Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan Dikecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen)
Siti Fatmawati, 180209051, FTK, PGMI, 082361138746.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Peran penting orang tua dan guru dalam pembinaan akhlak siswa SD Negeri 12 Peusangan diKecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dimulai dari keluarga dan sekolah, karena saat berada dirumah siswa lebih banyak waktu dengan orang tua sedangkan disekolah siswa lebih banyak waktu dengan guru. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuanuntuk Mengetahui Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, untuk Mengetahui Peran Guru dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen, dan untuk Mengetahui apa-apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam Pembinaan Akhlak Siswa SD Negeri 12 Peusangan di Kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan yang diwawancarai ialah 12 orang terdiri 6 orang tua dan 6 guru. Hasil penelitian ini Terlihat pada berbagai peran orang tua diantaranya orang tua memberikan contoh teladan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, orang tua melakukan pembinaan akhlak melalui pengarahan dan bimbingan dan melakukan pembinaan akhlak melalui motivasi. guru memberikan contoh yang baik dalam bersikap maupun berucap, guru melakukan pembinaan akhlak melalui motivasi, dan guru memberikan arahan dalam proses perubahan tingkah laku siswanya. Faktor penghambat bagi orang tua yakni anak mudah meniru dengan lingkungan sedangkan bagi guru yakni anak lebih takut pada wali kelasnya dari pada guru mata pelajaran.adapun faktor pendukung keduanya adalah komunikasi yang baik antara orang tua dan guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Siti Fatmawati Siti
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:56
Last Modified: 21 Oct 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23885

Actions (login required)

View Item
View Item