Penataan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Kunjung Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat

Dwi Israutul Roza, 180206121 (2022) Penataan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Kunjung Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penataan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Kunjung Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat] Text (Penataan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Dalam Peningkatan Minat Kunjung Peserta Didik Di MAN 1 Aceh Barat)
Dwi Isratul Roza, 180206121, FTK, MPI, 081362316672.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Minat kunjung dapat di tingkatkan melalui penataan sarana dan prasarana perpustkaan. Penataan sarana dan prasarana yang baik di harapkan dapat meningkatkan minat peserta didik untuk mengunjungi dan memanfaatkan layanan perpustakaan. Dengan adanya peningkatan pengunjung ini harus diimbangi dengan sarana dan prasarana yang memadai begitu juga dengan ruangan yang tersedia untuk menampung pengunjung perpustakaan yang sesuai dengan kebutuhannya. Kurangnya sarana dan prasarana serta tata ruang yang dimiliki oleh perpustakann mengakibatkan pelayanan yang diberikan kurang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui sistem dan pengaturan tata ruang perpustakaan, layanan dan fasilitas perpustakaan, aksesibilitas perpustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ada 4 informan antara lain :Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Pustakawan dan Siswa MAN 1 Aceh barat. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini antara lain : observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Sistem tata ruang yang digunakan perpustakaan MAN 1 Aceh Barat adalah sistem tata baur yang dimana penempatan koleksi yang dicampur dengan ruang baca agar peserta didik lebih mudah mengambil dan mengembalikan sendiri buku. Penataan sarana dan prasarana perpustakaan belum optimal karena luas ruangan perpustakaan yang belum memadai.(2) Kualitas pelayanan perpustakaan cukup baik, dinilai dari pengelola perpustakaan dan peserta didik mengikuti tata terbit perpustakaan sekolah. Kehandala cukup baik, dilihat dari kemampuan dan dari kesiapan petugas dalam memberikan pelayanan. Dilihat dari fasilitas dan jumlah pegawai belum memadai.(3) Akses menuju perpustakaan mudah di jangkau oleh para guru dan siswa dengan letak lokasi perpustakaan yang strategis yaitu berada di pusat sekolah dan dekat dengan ruang kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Dwi Israutul Roza
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:42
Last Modified: 21 Oct 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23887

Actions (login required)

View Item
View Item