Penggunaan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar

Nurul Khasanah, 170213023 (2022) Penggunaan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar] Text (Penggunaan Media Permainan Tradisional Gobak Sodor Terhadap Kemampuan Konsentrasi Belajar Siswa Di MTsN 2 Aceh Besar)
Nurul Khasanah, 170213023, FTK, BK, 082161051171.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Kemampuan konsentrasi belajar pada hakikatnya dimiliki oleh setiap siswa, hanya berbeda tingkat tinggi rendahnya pada setiap siswa dalam berkonsentrasi. Apabila tingkat konsentrasi belajar siswa tinggi maka siswa mampu menyelesaikan tugasnya tepat waktu, menyerap segala informasi, serta sigap dalam merespon keadaan dan kondisi yang tidak terduga. Apabila tingkat konsentrasi belajar siswa rendah maka sebaliknya siswa tidak dapat menerima informasi dengan baik, menerima materi pembelajaran dan tidak dapat merespon dengan sigap. Berbagai macam hambatan dan gangguan yang dialami oleh siswa berasal dari dalam dan luar diri siswa sehingga dapat memicu rendahnya konsentrasi belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan permainan tradisional gobak sodor efektif terhadap kemampuan konsentrasi belajar siswa di MTsN 2 Aceh Besar. Jenis penelitian ialah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan One Group Pretest-Postest Design, sampel penelitian 12 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan skala likert dengan penyebaran angket kepada siswa kelas VIII 7 MTsN 2 Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukan penggunaan gobak sodor memiliki signifikansi dalam meningkatkan konsentrasi belajar, yang ditandai dengan perubahan skor pretest rata-rata116,5 sedangkan rata-rata postest 253,2 dan terjadi peningkatan pada konsentrasi belajar siswa. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa gobak sodor dapat digunakan sebagai media untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa, sehingga penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan bagi guru bimbingan konseling dalam penyusunan program sebagai media untuk meningkatkan konsentrasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Nurul Khasanah
Date Deposited: 21 Oct 2022 02:32
Last Modified: 21 Oct 2022 02:32
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23889

Actions (login required)

View Item
View Item