Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI

Siti Zuhra Renanda, 180201071 (2022) Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI] Text (Persepsi Mahasiswa Pai Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran PAI)
Siti Zuhra Renanda, 180201071, FTK, PAI, 082274314726.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Media adalah komponen penting dalam pembelajaran guna membantu guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Seiring perkembangan zaman, media yang digunakan dalam pembelajaran kini semakin bervariasi. Salah satu media yang kini mulai digandrungi oleh beberapa guru di Indonesia adalah TikTok, yaitu aplikasi video singkat yang saat ini sedang mendunia. Maka dari itu penelitian ini berjudul “Persepsi Mahasiswa PAI Terhadap Aplikasi TikTok sebagai Media Pembelajaran PAI”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa PAI terhadap aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran PAI dan faktor-faktor yang melatarbelakangi persepsi mahasiswa PAI terhadap aplikasi TikTok sebagai media pembelajaran PAI. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Informan yang terdapat dalam penelitian ini adalah sebelas mahasiswa aktif PAI FTK UIN Ar-Raniry yang berasal dari angkatan 2018. Penentuan informan dilakukan dengan menggunakan teknik purposive, yakni penentuan subjek penelitian yang didasari oleh kriteria yang sudah ditentukan oleh peneliti. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat dua sisi persepsi yang diberikan mahasiswa PAI angkatan 2018 terhadap pemanfaatan TikTok sebagai media pembelajaran, yakni persepsi baik dan perseps tidak baik. Adapun persepsi tersebut dilatarbelakang oleh dua macam faktor yakni faktor pengalaman dan faktor nilai-nilai yang dianut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Zuhra Renanda Siti
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:13
Last Modified: 21 Oct 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item
View Item