Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsS Insan Qur’ani pada Materi Cahaya

Nova Nurliawati, 251222831 (2016) Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Komik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di MTsS Insan Qur’ani pada Materi Cahaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas pengaruh  penggunaan LKS berbasis komik terhadap hasil belajar siswa]
Preview
Text (Membahas pengaruh penggunaan LKS berbasis komik terhadap hasil belajar siswa)
Nova Nurliawati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MTsS Insan Qur’ani terlihat masih banyak siswa yang kurang aktif dan mengalami kesulitan dalam pembelajaran fisika dikarenakan ketika guru sedang mengajar didepan para peserta didik kurang memperhatikannya. Sehingga hal ini berpengaruh pada nilai akhir siswa yang belum mencapai KKM yitu 75% oleh karena itu dilakukan upaya untuk mengatasi kondisi pembelajaran tertentu, salah satu cara adalah penggunaan LKS berbasis komik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh penggunaan LKS berbasis komik terhadap hasil belajar siswa di MTsS Insan Qur’ani pada materi cahaya, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi (quasi experimental). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Insan Qur’ani. Sampel dalam penelitian ini diambil dari populasi sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII C yang berjumlah 27 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D yang berjumlah 26 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji –t untuk menguji perbedaan belajar dan N-Gain untuk melihat peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan t hitung > t tabel 9,95 > 1,68 pada taraf, sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan LKS berbasis komik terhadap hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd; NIP. 197208011999051001; 2. Jufprisal, M. Pd; NIP. 198307042014111
Uncontrolled Keywords: LKS Berbasis Komik, Pembelajaran Fisika, Cahaya
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati Yusrawati
Date Deposited: 08 Aug 2017 08:38
Last Modified: 08 Aug 2017 08:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/239

Actions (login required)

View Item
View Item