Peranan Musyrifah Dalam Membina Akhlak Santriwati Di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh

Nurul Hidayanty, 180201164 (2022) Peranan Musyrifah Dalam Membina Akhlak Santriwati Di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Peranan Musyrifah Dalam Membina Akhlak Santriwati Di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh] Text (Peranan Musyrifah Dalam Membina Akhlak Santriwati Di Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh)
Nurul Hidayanti, 180201164, FTK, PAI, 082238660317.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Musyrifah dalam Membina Akhlak Santriwati di Dayah Madrasah Ulumul Quran Pagar Air Aceh.” Akhlak adalah segala tingkah laku seseorang yang lahir dari dalam bathin dan dituangkan secara spontan tanpa harus berfikir. Berbicara masalah akhlak bukan saja perihal perilaku terhadap sesama manusia, namun akhlak memiliki ruang lingkup antara lain: Akhlak terhadap Allah SWT, Akhlak terhadap Rasulullah SAW, Akhlak terhadap diri sendiri, dan akhlak terhadap kepada selain manusia/lingkungan. Pada Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh, musyrifah adalah contoh teladan dan yang bertanggungjawab khusus dalam membina akhlak santriwati. Setiap Dayah tidak terkecuali Dayah Madrasah Ulumul Qur’an Pagar Air Aceh tentu terdapat beberapa akhlak santri yang belum baik seperti tidak ikut shalat berjamaah, tidak teratur makan, berpakaian tidak mengikuti aturan, dan lain-lain. Berdasarkan latar masalah tersebut, maka peranan musyrifah merupakan suatu hal yang sangat penting untuk membentengi segala permasalahan tersebut sehingga tidak keluar dari batasan-batasan akhlak santriwati yang tidak diharapkan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah musyrifah dalam membina akhlak santriwati di Dayah, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak santriwati di Dayah, dan untuk mengetahui kendala musyrifah dalam membina akhlak santriwati di Dayah Madrasah Ulumul Qur'an Pagar Air Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi, kemudian data tersebut di analisis. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah lima orang musyrifah, dan tujuh orang santriwati sebagai narasumber. Dari hasil wawancara mendalam, penulis menemukan kedudukan musyrifah merupakan peranan yang sangat penting bagi santriwati, dengan adanya musyrifah santriwati lebih terbina dan terkontrol secara menyeluruh. Sedangkan Faktor yang mempengaruhi santriwati di Dayah tersebut antara lain adalah faktor internal (emosional yang ada dalam diri santriwati) dan faktor eksternal (keluarga, lingkungan, dan pertemanan di luar Dayah). Adapun kendala yang dihadapi musyrifah dalam membina akhlak santriwati di Dayah Madrasah Ulumul Qur'an Pagar Air Aceh adalah kendala yang berasal dari faktor-faktor yang mempengaruhi santriwati tersebut, serta kendala yang datang dari sebagian keluarga dan wali santriwati yang tidak menerima ketika anaknya dinyatakan salah/melanggar, bahkan sebagian orang tua lebih mendukung anaknya tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nurul Hidayanty
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:13
Last Modified: 21 Oct 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23900

Actions (login required)

View Item
View Item