Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP

Nurul Aflah, 170207130 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Materi  Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP] Text (Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Inkuiri Dan Nilai Islami Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP)
Nurul Aflah, 170207130, FTK, PBL, 081361376209.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Masalah yang banyak dihadapi dalam dunia pendidikan pada saat ini adalah kurangnya bahan ajar yang memadukan antara ilmu sains dengan ilmu agama dikarenakan adanya pemisahan-pemisahan diantara kedua ilmu tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berbasis inkuiri dan nilai Islami pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP. Rancangan penelitian menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan mengikuti model pengembangan (4D). Sumber data penelitian ini adalah penguji ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan ahli agama yang terdiri dari dosen Pendidikan Biologi, dan dosen Tarbiyah, guru mata pelajaran Biologi dan peserta didik kelas VII SMPN 3 Seunagan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media, ahli materi dan ahli agama berserta menggunakan angket respon guru dan peserta didik. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar IPA berbasis inkuiri dan nilai Islami memperoleh nilai kelayakan media yaitu 82% dan kelayakan dari ahli materi 78% dengan kategori layak, dan hasil kalayakan dari ahli agama 81% dengan kategori sangat layak. Respon peserta didik 94% dengan kategori sangat layak. Dan hasil respon yang diperoleh dari guru terhadap bahan ajar IPA berbasis inkuiri dan nilai islami yaitu 84% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Nurul Aflah
Date Deposited: 21 Oct 2022 03:17
Last Modified: 21 Oct 2022 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23901

Actions (login required)

View Item
View Item