Pengelolaan Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Model Padangsidimpuan Sumatera Utara

Eva Rahmadani, 180206127 (2022) Pengelolaan Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Model Padangsidimpuan Sumatera Utara. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengelolaan Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Model Padangsidimpuan Sumatera Utara] Text (Pengelolaan Pembiayaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MAN 2 Model Padangsidimpuan Sumatera Utara)
Eva Rahmadani, 180206127, FTK, MPI, 082166049067.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pengelolaan pembiayaan merupakan salah satu sumber daya yang secara langsung menunjang efektifitas dan efesiensi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, karena pada dasarnya untuk mendapatkan sesuatu akan membutuhkan pengelolaan pembiayaan yang tepat, tanpa adanya pengelolaan pembiayaan, proses jalannya pendidikan akan terhambat. Untuk menghasilkan output yang berkualitas maka diperlukan pengelolaan pembiayaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tiga aspek pengelolaan pembiayaan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN 2 Model Padangsidempuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam wawancara ini yaitu kepala sekolah, bendahara, ketua komite, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembiayaan dalam peningkatan mutu pendidikan di MAN 2 Model Padangsidempuan dilakukan dengan; Pertama, perencanaan, dilakukan melalui evaluasi program yang di buat di RAPBM selanjutnya analisis penganggaran dilakukan dengan seluruh pihak dalam merumuskan program sekolah untuk meningkatkan mutu madrasah. Kedua, Pelaksanaan, Pendapatan rutin bersumber dari bantuan pemerintah yaitu Dana BOS, Pendapatan non rutin berasal dari komite, para guru dan pegawai, para orang tua siswa atau donator, selanjutnya pengeluaran pembiayaan yaitu berdasarkan rencana kegiatan madrasah yang sudah ditetapkan dalam RAKM yang dirancang untuk satu tahun kedepan. Ketiga, Pengawasan Pembiayaan yang dilaksanakan bersama internal melibatkan Kepala Sekolah bersama Komite Sekolah setiap 6 Bulan sekali dan pengawasan eksternal dilakukan oleh badan pemerintah seperti (BPKP, BPK, Irjen) secara incidental. Dalam hal ini, MAN 2 Model Padangsidimpuan juga melakukan pelaporan melalui Aplikasi SPAN.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eva Rahmadani
Date Deposited: 24 Oct 2022 02:59
Last Modified: 24 Oct 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23927

Actions (login required)

View Item
View Item