Restorasi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Siti Nurhaliza, 170503083 (2022) Restorasi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.

[thumbnail of Restorasi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Restorasi Bahan Pustaka Di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Siti Nurhaliza, 170503083, FAH, IP, 085360131198.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Restorasi Bahan Pustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana restorasi bahan pustaka dan kendala apa saja yang dialami pada saat restorasi bahan pustaka di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui restorasi bahan pustaka dan kendala yang dialami pada saat restorasi di UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan menggunakan metode penelitiaan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan cara observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa kegiatan restorasi yang dilakukan pada UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry yaitu ; 1) mengidenttifikasi kerusakan buku, 2) seleksi kerusakan buku (rusak ringan, rusak sedang dan rusak berat), 3) restorasi dilakukan terhadap bahan pustaka yang mengalami kerusakan ringan atau sedang seperti cover terlepas dan rusak, halaman buku yang hilang, dan terlepas dari penjilidan asli, buku yang rusak di bagian cover terlepas dan halaman yang terlepas dari jilidan asli akan dilakukan penjilidan ulang menggunakan lem fox dan perban, sedangkan bahan pustaka yang hilang halaman akan direstorasi dengan mengfotokopi ulang cover dan halaman bahan pustaka yang berjudul sama dengan bahan pustaka yang rusak dengan yang masih utuh, 4) penjilidan dilakukan menggunakan lem fox, perban, dan isolasi kertas. Jumlah bahan pustaka yang telah direstorasi sebanyak kurang lebih 200 bahan pustaka yang mengalami kerusakan ringan dan sedang. Hasil dari kegiatan restorasi bahan pustaka yang awalnya mengalami rusak ringan dan rusak sedang menjadi utuh kembali, penjilidan bahan pustaka menggunakan lem fox dan perban sangat efisien dalam menyatukan kembali bahan pustaka sehingga dapat terus dimanfaatkan dan dilestarikan informasinya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Siti Nurhaliza
Date Deposited: 24 Oct 2022 03:04
Last Modified: 24 Oct 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23931

Actions (login required)

View Item
View Item