Negosiasi Diri Penggemar Kpop Fandom Army, Blink Dan Exo-L Dalam Memanajemen Waktu (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di Darussalam Banda Aceh)

Rizka Amalia, 180401041 (2022) Negosiasi Diri Penggemar Kpop Fandom Army, Blink Dan Exo-L Dalam Memanajemen Waktu (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di Darussalam Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Negosiasi Diri Penggemar Kpop Fandom Army, Blink Dan Exo-L Dalam Memanajemen Waktu (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di Darussalam Banda Aceh)] Text (Negosiasi Diri Penggemar Kpop Fandom Army, Blink Dan Exo-L Dalam Memanajemen Waktu (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2018 Di Darussalam Banda Aceh))
Rizka Amalia, 180401041, FDK, KPI, 085261812356.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Menjadi seorang K-Popers pada zaman modern ini bukan hal asing lagi. Banyak anak muda zaman sekarang yang sangat memprioritaskan idolanya dibanding dengan kewajibannya. Banyak penggemar yangt tidak bisa memanajemenkan waktu sehingga lalai dalam melakukan segala kewajibannya seperti salat tepat waktu, mendengarkan perkataan orang tuanya dan melakukan kewajiban sebagai mahasiswa. Dalam dunia K-Popers terdapat beberapa fandom. Setiap group K-Pop memiliki fandom-nya masing-masing serta memiliki nama panggilan untuk fandom-nya. Adapun fandom yang dimaksud dalam penelitian ini adalah fandom Army, Blink dan Exo-l. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan bagaimana negosiasi diri penggemar K-Pop fandom Army, Blink dan Exo-l dalam memanajemenkan waktu (studi pada mahasiswa angkatan 2018 di darussalam Banda Aceh). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling yaitu informan yang telah ditentukan oleh penulis. Hasil penelitian menunjukkan fandom Army menegosiasikan dirinya dengan membagi waktu antara siang dan malam, waktu siang digunakan untuk mengerjakan segala kewajiban sebagai umat muslim dan sebagai seorang mahasiswa. Sedangkan pada malam hari penggemar melakukan kegiatannya sebagai seorang K-Popers, yaitu dengan menonton variety show dan konten vlog dari idolanya. Fandom Blink menegosiakan dirinya dengan membuat sebuah motivasi terhadap perilaku idola dalam hal menuntut ilmu, meskipun idolanya sudah sangat terkenal pendidikan tetap menjadi prioritas utama mereka. Fandom Exo-l menegosiasikan dirinya dengan membandingkan segala perilaku idola terhadap dirinya. Perilaku yang dibandingkan adalah mengatur waktu dalam beribadah dan menjalankan segala kewajibannya. Setiap penggemar menegosiasikan dirinya dengan cara yang berbeda-beda tergantung siapa yang diidolakan oleh setiap penggemar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rizka Amalia
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:14
Last Modified: 26 Oct 2022 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23947

Actions (login required)

View Item
View Item