Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Angiospermae Di SMAN 1 Beutong

Rima Miharja, 180207071 (2022) Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Angiospermae Di SMAN 1 Beutong. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Angiospermae Di SMAN 1 Beutong] Text (Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Menggunakan Metode Post To Post Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Sub Materi Angiospermae Di SMAN 1 Beutong)
Rima Miharja, 180207071, FTK, PBL, 085230186334.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Beutong saat ini memang terbilang masih cukup kurang mengaitkan materi pada pembelajaran Biologi dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah, padahal peningkatan akan beberapa aspek baik berupa kognitif, afektif dan psikomotor merupakan salah tujuan pendidikan nasional yang perlu di upayakan semaksimal mungkin, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X mia 2 dan mengetahui respon para peserta didik pada pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar menggunakan metode post to post di SMA Negeri 1 Beutong, Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen. Bentuk desain penelitian menggunakan bentuk One Group Pre-Test Post test Design, Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar angket, populasi pada panelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, sedangkan sampel adalah siswa kelas X mia 2, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil dari analisis data menunjukkan hasil belajar siswa kelas eksperimen menunjukkan nilai thitung sebesar 41,449 sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikan dengan derajat kebebasan (df) 19 yaitu 2,093. Jadi thitung > ttabel, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Respon siswa dengan pembagian soal angket berdasarkan beberapa aspek indikator yang terdiri dari kognitif, afektif, serta konatif mendapatkan hasil rata-rata dengan jumlah 88,4 hingga termasuk kedalam baik sekali, Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode post to post pada sub materi angiospermae dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah dapat meningkatkan hasil belajar siswa Negeri 1 Beutong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Rima Miharja Rima
Date Deposited: 26 Oct 2022 02:48
Last Modified: 26 Oct 2022 02:48
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23965

Actions (login required)

View Item
View Item