Penerapan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Satap Pulau Siumat

Noni Walira Dama, 160207136 (2022) Penerapan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Satap Pulau Siumat. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Satap Pulau Siumat] Text (Penerapan Media Pembelajaran Flipchart Pada Materi Sistem Pernapasan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Di Kelas VIII SMP Satap Pulau Siumat)
Noni Walira Dama, 160207136, FTK, PBL, 082364984901.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian penerapan media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernapasan ini dilatar belakang oleh masih rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang terutama dalam pembelajaran biologi yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya media pendukung pembelajaran yang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Mengatasi permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan menerapkan media yang menarik dan inovatif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya penerapan media pembelajaran flipchart. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan media pembelajaran flipchart. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian pre-exsperiment dengan desain One Group Pre-Test-Post-Test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Satap Pulau Siumat. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas VIII yang berjumlah 12 siswa dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa tergolong sangat aktif dengan nilai 85,94%. Analisis hasil belajar diperoleh thitung ≥ ttabel (3,127≥1,796), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernapasan dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Satap Pulau Siumat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Noni Walira Dama Noni
Date Deposited: 26 Oct 2022 03:12
Last Modified: 26 Oct 2022 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/23967

Actions (login required)

View Item
View Item